PENGARUH
YOUTUBE TERHADAP
GLOBALISASI
Disusun untuk Melengkapi Tugas pkn pak syaffudin sebagai
Syarat Mengikuti pelajarannya
Oleh :
THEO JAK PRAKOSO IPS 1
PROGRAM STUDI pkn
TAHUN AJARAN 2015/2016
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
B.
Pelaksanaan
C. Pembatasan
Masalah
D. Rumusan
Masalah
E. Alasan
Pemilihan Judul
BAB II KERANGKA TEORI
A. Pengertian youtube di kalangan remaja
B. Pengertian youtube dan peminatnya
C. Dampak positif dan negatif youtube
D. Solusi untuk mengatasi pengaruh negatif dari youtube terhadap prestasi
belajar
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi Penelitian
BAB IV HASIL ANALISIS
Hasil Analisis Survey
Minat Masyakat terhadap youtube Masa Kini
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Testimoni
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
YouTube adalah sebuah
situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat
memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di
YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para
penggunanya sendiri.[2] Format yang digunakan video-video di YouTube adalah
.flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player.[2]
Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki
pangsa pasar sebesar 43 persen.[3]
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli
Google dengan harga US$1,65 miliar.[4] Pada awal April 2008 beberapa ISP
Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat
film Fitna.[5] Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap
seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL
tertentu yang memuat video tersebut saja.
Sejarah You Tube
Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed karim adalah 3 sekawan yang
awalnya sama-sama bekerja di Paypal. Suatu hari Steve dan Chad pengen banget
bikin Jawed iri karena dia nggak datang ke sebuah acara dinner bersama
teman-teman mereka. Sayangnya, Steve dan Chad nggak bisa mengirimkan video itu
ke email Jawed. Email kan nggak bisa menerima video dengan ukuran besar. Dari
sinilah mereka menciptakan You Tube. Dengan budget seadanya dan garasi rumah
sebagai kantor, mereka bertiga bekerja keras mewujdkan ide mereka. Domain resmi
terdaftar pada februari 2005 dan baru bisa diakses publik pada bulan Mei-nya.
Video kunjungan Jawed ke kebun binatang yang berjudul “Me at the
Zoo” jadi video pertama yang diupload ke youtube dan iklan nike yang dibintangi
pesepak bola Ronaldinho di bulan September 2005 adalah video pertama yang
berhasil ditonton oleh satu juta orang.
Melihat potensi YouTube yang besar, sequoaia Capital, bersedia
jadi investor pertama Youtube dan menyuntikkan dana sebesar 3,5 juta dolar atau
sekitar Rp. 31 milyar. Nggak lama setelah itu, in November 2005, Youtube was
officially Launched. Setelah peluncuran resminya, YouTube berkembang makin
pesat. http://pengertianyoutube.blogspot.com/
Berbagi video populer dimana para pengguna dapat
memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di
YouTube adalah klip musik (video
klip), film, TV,
serta video buatan para penggunanya sendiri.[2] Format
yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash
Player.[2]Menurut perusahaan penelitian Internet
Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43
persen.[3]
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan
bahwa YouTube telah dibeli Google dengan
harga US$1,65 miliar.[4] Pada
awal April 2008 beberapa ISP Indonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube
karena memuat film Fitna.[5] Awalnya
pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun
kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap URL tertentu
yang memuat video tersebut saja.
Youtube adalah sebuah sebuah situs web video sharing
(berbagai vide) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas
karyawan PayPal : Steve Chen, Chad hurley, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan
penelitian internet, Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar
sebesar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton dan berbagi klip video
secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip),
film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan
video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang
memiliki plugin Flash Player.
C. PEMBATASAN
MASALAH
Berdasarkan
ruang lingkup diatas, maka penulis membatasi penelitian ini. Antara lain
sebagai berikut.
a.
Pengertian youtube
b.
Perkembangan youtube masa kini.
c.
Minat remaja terhadap youtube masa kini.
2.
Dampak positif youtube terhadap
prestasi belajar .
3.
Dampak negatif youtube terhadap
prestasi belajar.
4.
Solusi untuk mengatasi
pengaruh negatif dari
youtube terhadap prestasi belajar
5.
Pembahasan hasil
angket tentang “
Pengaruh youtube terhadap perilaku remaja ”.
D. RUMUSAN MASALAH
1.
Berdasarkan pembatasan masalah
di atas dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut:
2.
Bagaimana dampak
positif youtube terhadap prestasi
belajar ?
3.
Bagaimana dampak
negatif youtube
terhadap
prestasi belajar ?
4.
Bagaimana pengaruh
negatif youtube terhadap prestasi
belajar?
5.
Bagaimana hasil angket
tentang "Pengaruh youtube di
kalangan remaja”
E. ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Alasan pemilihan judul ini yaitu karena memiliki daya tarik
tersendiri untuk menjadi bahan penelitian, diantaranya :
1.
Hampir setiap orang
memiliki handphone dan tidak sedikit yang memilih menggunakan smartphone.
2.
Karena adanya objek
yang mendukung untuk penelitian.
3.
Karena adanya media
yang memadai.
BAB II
KERANGKA TEORI
A. PENGERTIAN
GLOBALISASI DAN KALANGAN
REMAJA
Globalisasi
berasal dari kata global yang secara hafiah berarti umum atau mendunia.
Globalisasi merupakan suatu kondisi dimana perbedaaan jarak dan letak geografis
bukan lagi menjadi penghalang untuk berkomunikasi. Dunia seakan tanpa batas,
sehingga makin dekat dan menyebar luas. Berbagai peristiwa di belahan dunia
dengan sangat mudah dapat diakses atau diterima di berbagai negara. Demikian
pula berbagai produk barang-barang luar negri dengat sangat mudah dapat
ditemukan di negara lain.
Era Globalisasi sangat erat
kaitanya dengan transparansi atau keterbukaan. Transparan berarti suatu keadaan
di mana kondisi suatu daerah secara mudah dapat diakses, dilihat, dan diterima
oleh masyrakat di daerah lain. Akibat transparansi atau keterbukaan, maka
segala pengaruh luar sangat mudah memasuki sebuah negara. Demikian oula
sebaliknya, transparansi telah memengaruhi berbagai sektor dalam kehidupan,
mulai dari bidang politik, pemerintahan, ekonomi, sosial budaya, teknologi
informasi, maupun pertahanan dan kemanan.
PENGERTIAN GLOBALISASI DI KALANGAN REMAJA
Slameto (1991: 57)
Pengertian minat secara istilah telah banyak dikemukakan oleh para ahli, di
antaranya yang dikemukakan oleh Hilgard menyatakan” Interest is persisting tendency topay attention to end enjoy some
activity and content”, yang memiliki arti, minat adalah kecenderungan
yang gigih untuk memperhatikan, mengakhiri, menikmati, beberapa inti kegiatan
tersebut.
Sardiman A. M. (1988:
76) berpendapat bahwa minat adalah sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila
seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan
keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri
Berdasarkan beberapa
pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah suatu keinginan
seseorang yang kuat untuk melakukan perubahan tingkah laku guna memperoleh ilmu
pengetahuan.
C. DAMPAK
POSITIF YOUTUBE
Dampak positif dari youtube yang
selama ini bisa dilihat adalah bagi perusahaan-perusahaan rekaman yang ingin
melakukan promosi bagi artis-artisnya. Juga bagi perusahaan-perusahaan
periklanan yang ingin mempromosikan suatu produk. Ada pula orang-orang yang
dengan sengaja meng-upload video-video dokumenter baik sejarah perjuangan
bangsa kita maupun dokumenter mengenai kisah-kisah menyentuh tentang kehidupan
dari pedalaman Indonesia. Ada pula video-video ilmu pengetahuan tentang
kehidupan baik dari dasar laut hingga luar angkasa. Semua ada di youtube. Hanya
tinggal memasukkan kata kunci yang dicari, semua video yang memperluas wawasan
bisa dilihat dan di-download kapan saja.
Dampak
negative dari youtube
satu contoh adalah dengan adanya Youtube para pembisnis
banyak yang meng-upload video segala jenis produk atau jasanya, dengan begitu
persaingan bisnis yang semangkin ketat di era globalisasi saat ini menuntut
perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya yang kemudian
jika dilihat lebih dalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada
bagaimana sebuah perusahan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk
atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan
dengan pesaing bisnisnya atau menciptakan produk yang berbeda atau unik yang
tidak dapat diproduksi oleh pesaing.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 pengaruh youtube Terhadap Perilaku di Kalangan Remaja
Dalam era globalisasi ini
teknologi semakin maju, tidak dapat dipungkiri hadirnya internet semakin
dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi,
pendidikan, bisnis, dsb. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh vendor smartphone serta tablet
murah yang menjamur dan menjadi trend
. Hampir semua orang di Indonesia memiliki smartphone , dengan semakin majunya internet dan hadirnya smartphone maka media
sosial pun ikut berkembang pesat.
Media sosial merupakan situs dimana seseorang dapat
membuat web page
pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial
yang sama untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jika media tradisional
menggunakan media cetak dan media broadcast , maka media sosial menggunakan internet. Media
sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka,
memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak
terbatas.
Sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama
bagi seseorang dalam membuat akun di media sosial. Kalangan remaja yang
mempunyai media sosial biasa nya memposting tentang kegiatan pribadinya,
curhatannya, serta foto-foto bersama teman-temannya. Semakin aktif seorang
remaja di media sosial maka mereka semakin dianggap keren dan gaul. Namun
kalangan remaja yang tidak mempunyai media sosial biasanya dianggap kuno,
ketinggalan jaman, dan kurang bergaul.
3.2 dampak positif dan negatif youtube terhadap remaja
Dengan perkembangan teknologi
yang semakin pesat semakin mudah pula seseorang bisa mengakses berbagai macam
video, gambar, ebook, ataupun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media
internet sebagai tempat pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti
di Youtube semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah di unggah
oleh orang banyak. Pemanfaatan youtube ini dapat
berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial ataupun mengunggah video yang kita punya, bila youtube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi pengguna. Berikut dampak positif dan negatif dari Youtube :
berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial ataupun mengunggah video yang kita punya, bila youtube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi pengguna. Berikut dampak positif dan negatif dari Youtube :
Dampak Positif :
- Dapat mencari video tutorial
- Bisa menjadi artis dadakan
- Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang
kita miliki
- Dapat mencari video unik dan lucu
- Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
Dampak negatif :
- Dapat dipakai untuk mencari video porno
- Video-video kekerasan
- Video yang dapat memperjelek nama seseorang
Dampak Negatif :
- Boros karena mengikuti apa yang di lakukan oleh bintang sinetron tersebut, ikutilah apa yang perlu di lakukan, perlu menghemat, karena hemat pangkal kaya.
- Fashion berlebihan, sperti yang saya tulis di atas ! mosok orangnya gemuk memakai celana legging, sungguh mengerikan, babar blas tidak pantas untuk diliha.. :D ... :D ...
- Seperti orang gila, mengikuti trend style rambut para bintang sinetron tidak ada habisnya, jangan selalu mengikutinya. bila potong rambut di buat keatas itu malah seperti orang gila, apa ingin mencari sensasi biar di lihat ibu-ibu yang mau kepasar ?
- Pemalas, bangun tidur seharusnya jam 04.30 untuk Sholat shubuhan dulu ( untuk muslim ), t
- api kalau dia selalu menonton sinetron maka bangun jam 06.30. Mereka berangkat kerja, sekolah atau beraktifitas tidak mandi dulu, karena kebanyakan sinetron bangun pagi langsung makan tidak usah mandi.
- Poin 5 ini yang perlu di hindari ' KEHUJANAN '. jagalah kesehatan kita, sinetron pas putus cinta, marah-marah endingnya pasti kehujanan pas malem hari. Tidak terbayangkan, kalau masuk angin dan opname ke dokter yang memebiayai siapa ? kita sendiri kan ? makanya jangan mengikuti poin ke 5 BAHAYA !
Di atas adalah dampak positif dan negatif dari sinetron,
maka bila kita menonton ambil inti dari acara sinetron tersebut, karena
sebenarnya sinetron tersebut mempunyai pesan moral
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Masyarakat perkotaan
banyak yang sudah memiliki telepon sel
Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan telepon seluler yang
tinggi akan menurunkan minat membaca remaja maka akan menurunkan juga
tingkat pengetahuan mereka. Hal ini berhubungan dengan kesuksesan atau prestasi
yang mereka capai, tentunya akan lebih rendah dibandingkan dengan para remaja
yang mempunyai minat belajar yang tinggi. Secara tidak langsung, penggunaan
telepon seluler pada remaja yang menimbulkan ketergantungan akan menurunkan
motivasi belajar remaja tersebut untuk berusaha lebih baik lagi.
Smartphone adalah salah satu media untuk berkomunikasi secara
efisien dan efektif meskipun terpisah jarak dan ruang. Fungsi yang utama ialah
untuk berkomunikasi, mencari informasi, dan menambah wawasan. Disarankan setiap
remaja sebaiknya menggunakan telepon seluler mereka untuk fungsi-fungsi
tersebut dalam kategori positif misalnya untuk berkomunikasi dengan orang tua,
keperluan belajar, dan keperluan lainnya yang memang sesuai dengan kebutuhan
saja. Meskipun telepon seluler mempunyai dampak positif tetapi penggunaanya
disarankan remaja tidak menggunakan dengan frekuensi yang tinggi sehingga
menimbulkan dampak negatif yaitu ketergantungan. Hal ini dikarenakan
ketergantungan dapat menurunkan tingkat motivasi dari remaja itu sendiri yang
berujung pada kegagalan terutama bidang akademik.
2 comments
boleh gk bro saya copy
Replysaya copy yaa
Reply