klasifikasi 5 kingdom

BAB 1 PENDAHULUAN






A.    Latar Belakang

Di dunia ada sekitar 500 juta jenis organisme. Organisme ini memiliki karakteristik yang beraneka ragam. Keragaman organisme ini kebutuhan sistem untuk mengenali dan mempelajarinya. Beberapa ahli biologi mencoba untuk menciptakan sebuah sistem untuk membuatnya lebih mudah untuk mengetahui dan belajar melalui cara mengelompokkan organisme. Klasifikasi adalah proses pengelompokan berdasarkan karakteristik tertentu.

Dengan munculnya peradaban manusia, terutama pengetahuan tentang manfaat makhluk hidup sebagai persediaan obat dan makanan, maka perlu untuk nama-nama yang lebih besar dari makhluk hidup. Kemudian klasifikasi diperlukan makhluk hidup berdasarkan pemikiran rasional. Sebagai contoh, klasifikasi berdasarkan persamaan karakteristik, cara hidup, di mana tinggal,
penyebaran lokal, dan sebagainya.

B.      Tujuan Permasalahan
 Tujuan penulisan modul ini adalah sebagai berikut:

1.  Untuk studi lebih mendalam dan meninjau dari sistem klasifikasi makhluk hidup dan sejarah        mereka.
2. Menambah pengetahuan penulis dalam bidang sistem klasifikasi.
3. Lebih lanjut mengembangkan diri melalui pembuatan makalah ini untuk penulis lebih terlatih dalam menulis.
4. Memenuhi tugas untuk menyelesaikan program klinis biologi

Klasifikasi Makhluk Hidup

Makhluk hidup beragam spesies di seluruh dunia telah persamaan dan perbedaan karakteristik. Berdasarkan hal itu, makhluk hidup dapat digolong/diklasifikasikan oleh aturan tertentu. Proses pengaturan atau klasifikasi makhluk hidup dalam kategori kelompok dinilai disebut klasifikasi. Hasil klasifikasi dalam bentuk sistem klasifikasi. Artinya, sistem klasifikasi adalah suatu sistem yang dapat membuat lebih mudah untuk belajar dan mengenali makhluk hidup.

Khusus cabang ilmu biologi yang mempelajari makhluk hidup adalah pengelompokan taksonomi. Klasifikasi juga terus mengalami revisi, dari awal hanya 2 kerajaan, kini telah berkembang menjadi 6 kerajaan. Fungi Plantae dikeluarkan karena jamur heterotrofik, protista dihapus dari kerajaan Animalia, Plantae dan Fungi, Monera sekarang dibagi menjadi archaebacteria dan Eubacteria.


A.  Dasar Klasifikasi

1. Berdasarkan persamaan dan perbedaan morfologi.
2. Berdasarkan kegunaannya bagi hidup manusia.
3. Berdasarkan ciri-ciri anatomi.
4. Berdasarkan ciri biokimia.


Tujuan Klasifikasi
1. Menyederhanakan objek supaya lebih mudah dipelajari.
2. Untuk mendesripsikan ciri-ciri makhluk hidup untuk membedakan tiap jenis dan lebih mudah dikenali.
3. Mengelompkkan sesuai persamaan ciri.
4. Untuk mengetahui hubunga kekerabatan dan sejarah evolusi.

Manfaat Klasifikasi
1. Memudahkan dalam mempelajari organisme yang beranekaragam.
2. Dapat digunakan untuk melihat hubungan kekerabatan antara organisme.

Tahap-Tahap Klasifikasi
1.      Pencandraan Sifat Makhluk Hidup
Pencandraan atau identifikasi adalah pengamatan karakteristik makhluk hidup. Hal-hal yang diamati meliputi morfologi, anatomi, fisiologi, kromosom, dan perilaku.
2.      Pengelompokkan Makhluk Hidup
Pengelompokkan maksudnya mengelompokkan makhluk hidup sesuai persamaan ciri.
3.       Pemberian Nama
Diberi nama untuk membantu kita dalam mengidentifikasi karakteristik sekelompok makhluk hidup dengan menggunakan tata nama Binomial Nomenklatur.

Sistem Tata Nama Binomial Nomenclature
Tata Nama Ganda (Binomial Nomenclature) adalah suatu cara dalam pemberian nama ilmiah bagi tumbuhan & hewan yang terdiri dari 2 kata (dalam bahasa latin) yang dicetuskan oleh Carolus Linnaeus.

Aturan Binomial Nomenclature
1. Terdiri dari dua kata dalam bahasa Latin atau bahasa asing yang dilatinkan.
2. Kata pertama menunjukkan nama genus dan kata kedua merupakan penunjuk spesies.
3. Cara penulisan kata pertama diawali dengan huruf besar, sedangkan nama penunjuk spesies dengan huruf kecil.
4. Apabila ditulis dengan cetak tegak maka harus digaris bawahi secara terpisah antar kata, sedangkan jika ditulis dengan cetak miring maka tidak digarisbawahi.
5. Apabila nama spesies terdiri dari lebih dari dua kata maka kata kedua dan seterusnya harus disatukan dan ditulis dengan tanda penghubung.
6. Nama penemu ditulis dengan awal huruf besar dan tidak digarisbawahi dan tidak dicetak miring.

Contoh penulisan nama ilmiah:









Kunci Determinasi

Kunci determinasi, juga disebut kunci dikotom digunakan untuk mencari nama hewan atau tumbuhan yang belum diketahui. Aturan dalam kunci determinasi adalah membandingkan ciri-ciri morfologi organisme yang berlawanan.


B.     Jenis Klasifikasi

1. Klasifikasi sistem alami => cara pengelompokan berdasarkan ciri morfologi, anatomi & fisiologi. Penganut klasifikasi ini adalah Aristoteles. Pengamatan dilakukan melalui mata telanjang dengan mengamati bentuk luar suatu makhluk hidup. Kelebihan sistem klasifikasi ini adalah identifikasinya yang mudah.pengelompokkan organisme yang kurang dikenal masih mungkin mengunakan sistem klasifikasi ini. Sistem ini juga relatif stabil dan tidak terpengaruh oleh perkembangan ilmu pengetahuan


2. Klasifikasi sistem filogeni => pengelompokan yang memperhatikan sejarah evolusi suatu makhluk hidup. Dicetuskan oleh Charles Darwin. Beliau juga mengaitkan antara klasifikasi dan evolusi. Kelebihan sistem ini adalah dapat diketahui adanya hubungan filogenik antarorganisme yang berada dalam satu kelompok.

Contoh:
Sistem filogeni tumbuhan

3.         Klasifikasi sistem buatan => disebut juga klasifikasi sistem artifisial, pengelompokan berdasarkan persamaan ciri morfologi yg mudah dilihat (Carolus Linnaeus). Klasifikasi ini kurang teratur dan tidak disertai tata nama. Kelebihan sistem ini adalah semua orang dapat melakukan pengelompokkan makhluk hidup dengan menentukan sendiri aturan yang digunakan.

Tingkatan Takson



Dalam sistem klasifikasi, makhluk hidup dikelompokkan menjadi suatu kelompok besar kemudian kelompok besar ini dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil.
Kelompok-kelompok kecil ini kemudian dikelompokkan lagi dengan menghilangkan angggotanya yang berbeda lagi menjadi kelompok yang lebih kecil lagi secara detail.
Begitu seterusnya sehingga pada akhirnya terbentuk kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan hanya satu jenis makhluk hidup.
Tingkatan-tingkatan pengelompokan ke unit yang sama itu disebut takson, ilmunya Taksonomi.
Taksa (takson) telah distandarisasi di seluruh dunia berdasarkan International Code of Botanical Nomenclature dan International Committee on Zoological Nomenclature. Pada tumbuhan, phylum
diganti menjadi divisi.

C.    Kasifikasi Mikroorganisme

Ciri – Ciri Mikroorganisme
Ciri-ciri utama dari suatu mikroorganisme dikelompokan sebagai berukut : .
1.            Morfologi
Mikroba pada umumnya sangat kecil : ukurannya dinyatakan dalam micrometer. 1ยต = 0,001 mm. Oleh karena ukurannya yang kecil diperlukan mikroskop untuk melihat mikroba. Mikroskop yang digunakan tergantung pada kecermatan yang diinginkan oleh peneliti.

2.             Sifat Kimiawi
Sel terdiri dari berbagai bahan kimia. Bila sel mikroba diberi perlauan kimiawi, maka sel ini memperlihatkan susunan kimiawi yang spesifik. Sebagai contoh, bakteri Gram negatif memiliki lipopolisakarida dalam dinding selnya, Sedangkan bakteri Gram positif tidak.

3.             Sifat Biakan
Zat hara yang diperlukan oleh setiap mikroorganisme berbeda ada mikroorganisme yang hanya dapat hidup dan tumbuh bila diberikan zat hara yang kompleks (serum, darah).
D.    Klasifikasi Tumbuhan
1.      Tumbuhan lumut / Bryophyta.

Lumut mempunyai bagian-bagian tubuh yang menyerupai akar, batang, dan daun. Akar tetapi, bagian-bagian itu sebenarnya bukan akar, batang, dan daun sejati. Bagian yang menyerupai akar disebut rizoid. Rizoid berupa benang-benang halus. Bagian ini berguna untuk menganbil air dan mineral. Tumbuhan lumut mempunyai klorofil sehingga berwarna hijau. Lumut biasanya hidup di tempat lembab yang tidak terkena cahaya secara langsung. Ada juga lumut yang hidup di tempat kering dan juga di air. Lumut berkembang biak dengan spora dan mengalami pergiliran keturunan.
Perkembangan vegetatif lumut dilakuakan dengan pembentukan spora. Perkembangan generatif lumut dilakukan dengan pembentukan sel-sel kelamin (gamet).
Tumbuhan lumut dapat dapat disebut sporofit dan gametofit karena dapat menghasilkan spora dan sel gamet.

2.      Alga / Ganggang

Ganggang memiliki pigmen hijau daun yang disebut klorofil sehingga dapat melakukan fotosintesis. Selain itu juga memiliki pigmen – pigmen tambahan lain yang dominan. Ganggang memiliki ukuran yang beraneka ragam ada yang mikroskopis, bersel satu, berbentuk benang atau pita , atau bersel banyak berbentuk lembaran. Dalam perairan ganggang merupakan penyusun vitoplankton yang biasanya melayang – laying didalam air, tetapi juga dapat hidup melekat didasar perairan disebut neustonik.
Ganggang yang bersifat bentik digolongkan lagi menjadi;
a. Epilitik ( hidup diatas batu)
b. Epipalik (melekat pada lumpur atau pasir)
c. Epipitik ( melekat pada tanaman )
d. Epizoik ( melekat pada hewan).

Jenis – jenis ganggang, misalnya Chlorella sp, bersimbiosis dengan organism lainnya yaitu hidup bersama paramecium, hydra atau molusca; ganggang platimonas sp, hidup bersama cacing pipih convolutta roscofencis.
Macam bentuk tubuh ganggan yaitu berselsatu atau uniseluler , membentuk koloni berupa filament atau kolini yang tidak membentuk filament.
Sebagian ganggang yang uniseluler dapat bergerak atas kekuatan sendiri (motil), dan yang tidak dapat bergerak sendiri yaitu nonmotil.



E.     Klasifikasi Hewan

1.      Filum Protozoa
Filum ini terdiri dari organisme uniseluler, biasanya berukuran mikroskopis, makhluk air seperti amuba. Poin umum antara semua makhluk terdaftar di bawah filum ini adalah:
  • Semua protozoa bergerak dengan bantuan kaki palsu, yang dikenal sebagai pseudopodia.
  • Struktur mirip rambut kecil yang disebut silia membantu dalam pergerakan di air bebas.
  • Sebagian besar protozoa memiliki ekor, yang lagi digunakan untuk gerakan.
  • Protozoa berkembang biak dengan mekanisme pembelahan biner, juga dikenal sebagai mitosis.
Struktur sel Protozoa
Struktur sel Protozoa
2.      Filum Porifera (hewan Spons)
Filum ini terdiri dari hewan multisel sederhana yang kebanyakan ditemukan di habitat air. Karakteristik unik porifera adalah bahwa sel-sel mereka disatukan begitu secara longgar sehingga mereka tidak membentuk jaringan. Sebagian besar spons memiliki pori-pori yang dikenal sebagai ostia ditemukan di seluruh tubuh dan memiliki lubang besar di puncak, disebut osculum. Mereka memiliki sebuah kanal yang mendukung asupan makanan dan oksigen, dan memiliki sistem pendukung yang terdiri dari jarum kecil seperti formasi silika, serat spongin dan kalsium. Hebatnya, reproduksi dari kerajaan hewan pada segmen ini mungkin seksual, aseksual atau bahkan tunas. Beberapa contoh porifera adalah: Sycon, Spongilla dan euplectella.
Peranan Porifera dalam Kehidupan Manusia
Peranan Porifera dalam Kehidupan Manusia
3.      Filum Coelenterata (hewan berongga, hewan karang)
Sebagian besar ditemukan di habitat laut, hewan dalam filum ini memiliki tubuh berlapis dua yang simetris. Lapisan luar tubuh memiliki tentakel sebagai penyengat yang dapat melepaskan racun ke dalam tubuh korban. bagian Tubuh Coelenterata terdiri dari rongga gastro vasular. Kelompok ini biasanya terdiri dari dua jenis hewan (zooids), yaitu polip (hidup tetap, soliter atau kolonial) dan medusa (berenang bebas). Reproduksi adalah dengan tunas (aseksual) dalam polip dan medusa seksual dengan itu. Semua jenis anemon laut adalah bagian dari klasifikasi ini. Kelompok ini juga termasuk karang, yang memiliki eksoskeleton kapur.
Struktur tubuh Coelenterata
Struktur tubuh Coelenterata

4.      Filum Platyhelminthes (cacing pipih)
Ini adalah sebuah divisi yang mencakup semua hewan sekaligus termasuk dalam filum Aschelminthes, yang sekarang telah dianggap usang. Oleh karena itu, filum ini meliputi semua hewan seperti cacing pipih dan cacing kremi. Hewan-hewan dalam filum ini dapat dipisahkan menjadi tiga kelompok:
  • Kelas yang hidup bebas bernama Turbellaria.
  • Para cacing yang parasit jatuh di kelas Trematoda.
  • Para cacing pita parasit yang terdiri dari kelas Cestoda.
Hewan-hewan dalam filum ini adalah organisme triploblastik, yang sebagian besar parasit di alam dan menunjukkan simetri bilateral. Sebagian besar hewan dalam filum ini hanya memiliki satu rongga tubuh, yang berfungsi baik sebagai mulut dan anus. Baik jantan dan betina memiliki organ jantan dan betina pada mereka. Planaria, cacing hati dan cacing pita juga masuk di bawah segmentasi hewan ini.
Ciri Cacing Pipih Platyhelminthes

Ciri Cacing Pipih Platyhelminthes
  • Lungworms (cacing paru-paru) yang menyebabkan Hoose.
  • Cacing tambang, yang biasanya cacing yang mempengaruhi anak-anak sekolah.
  • Eelworms Kentang dan cacing perut lainnya.

5.      Filum Annelida – Cacing beruas
Kelompok ini terdiri dari semua cacing beruas-ruas, seperti cacing tanah, dan lintah. Sebagian besar cacing tersegmentasi memiliki bulu yang dikenal sebagai Chaetae, pada setiap segmen, yang membantu mereka bergerak. Cacing bersegmen sebagian besar ditemukan pada tanah lembab, meskipun mereka juga dapat menghuni air tawar dan laut. Cacing ini memiliki tubuh lunak yang triploblastic dan mengikuti simetri bilateral. Sementara reproduksi biasanya seksual, mereka memiliki cara lain yang unik reproduksi – reproduksi aseksual melalui peremajaan. Dengan bertumbuh kembali segmen rusak, cacing-cacing secara efektif dapat mereproduksi. Contoh lain dari cacing annelida adalah sandworms dan Aphrodites (laut tikus).
Ciri-ciri umum filum Annelida
Ciri-ciri umum filum Annelida

6.      Filum Arthropoda (Hewan Beruas-Ruas)
Dengan hampir satu juta spesies (hampir 80% dari kerajaan hewan) yang merupakan bagian dari filum ini, ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbesar. Semua arthropoda memiliki kaki bersendi dan eksoskeleton dapat dilihat secara periodik. Contoh arthropoda adalah: kalajengking, laba-laba, kerang dan krustasea, serangga, kutu kayu, kelabang dan kaki seribu. Arthropoda memiliki bentuk tubuh simetri bilateral, yang tersegmentasi menjadi bagian-bagian seperti kepala, dada dan perut. Semua arthropoda memiliki kaki bersendi yang memungkinkan mudah berjalan, berenang, makan dan merasakan. Mereka memiliki darah yang diisi rongga tubuh kecil, dan respirasi berlangsung dengan bantuan paru-paru, paru-paru dan buku tracheae. Bahkan udang dan lebah termasuk dalam filum ini.
Ciri-ciri Arthropoda:

1. Memiliki 3 bagian tubuh utama yaitu tubuh bersegmen (ruas), rangka luar (eksoskeleton) yang keras, dan ekor.
2. Tubuh dibungkus oleh kutikula sebagai rangka luar yang terbuat dari protein dan kitin.
3. Esoskleten bersifat kaku dan keras dan dapat mengalami pergantian pada kurun waktu tertentu yang disebut eksidisis.
4. Ukuran tubuh bervariasi.
5. Bentuk tubuh simetris bilateral.
6. Sifat hidup: parasit, heterotropik, dan hidup secara bebas.
7. Alat pernapasan: Trakea, insang, dan paru-paru (berbuku)
8. Alat pencernaan lengkap (mulut, kerongkongan, usus, dan anus)
9. Bereproduksi secara seksual dan aseksual.
10. Sistem saraf berupa tangga tali dan alat peraba berupa antena
11. Hidup di darat, air tawar dan laut.
12. Sistem peredaran darah terbuka, darah tidak memilikik hemoglobin.

7.      Filum Molusca (hewan bertubuh lunak)
Moluska meliputi: siput, bekicot, cumi-cumi, kerang, remis dan bahkan gurita. Ini umumnya memiliki satu kaki (saya katakan umumnya sehingga Anda dapat memaafkan cumi-cumi dan gurita) yang mengeluarkannya lendir licin. Mereka memiliki lidah yang serak yang bisa merobek bahan lebih kuat dari mereka. Meskipun mereka sebagian besar ditemukan di habitat air, mereka juga dapat ditemukan di darat. Mereka tinggal di air bernapas melalui insang, sementara mereka yang tinggal di darat sepenuhnya mengembangkan paru-paru. Moluska memiliki jenis kelamin yang berbeda.

8.      Filum Echinodermata (hewan berkulit duri)
Echinodermata Filum terdiri dari hewan seperti asterias (bintang ikan), Echinus (landak laut), Holothuria (teripang) dan Antedon (bintang bulu). Sebagian besar hewan ini adalah makhluk laut dengan tubuh simetris yang baik berbentuk bintang, bulat atau memanjang. Sebagian besar dari mereka memiliki eksoskeleton berduri dan sebagian besar tidak memiliki kepala yang sejati. Pergerakan dicapai dengan bantuan kaki tubed dan kedua jenis kelamin terpisah.
Manfaat Echinodermata bagi Manusia





BAB III PENUTUP
 3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah ada, penulis dapat menarik kesimpulan yaitu:

Klasifikasi adalah penyusunan makhluk hidup secara teratur ke dalam suatu herarki. Sistem penyusunan ini berasal dari kumpulan informasi makhluk hidup secara individual yang menggambarkan kekerabatan. 

Adapun tujuan klasifikasi makhluk hidup yaitu untuk mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki, mengetahui ciri-ciri untuk mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup tersebut.

Sistem klasifikasi makhluk hidup dapat dibedakan menjadi 2, yaitu berdasarkan dari segi sifatnya dan dari segi pembagian kingdomnya. Yaitu secara pembagiannya makhluk hidup dibagi kedalam 6 kingdom yaitu Eubacteria, Archaebacteria, protista, fungi, plantae, dan animalia

3.2 Saran

Adapun Saran penulis sehubungan dengan bahasan makalah ini, kepada rekan-rekan mahasiswa agar lebih meningkatkan, menggali dan mengkaji lebih dalam tentang  bagaimana sistem klasifikasi makhluk hidup.