Historical Background
Zoya tercipta pada tahun 2005 sebagai
alternatif busana muslim yang terjangkau bagi kalangan menengah, juga sebagai
alternatif bagi busana muslim berkualitas dan up-to-date. Zoya merupakan salah
satu lini bisnis dari Shafco Enterprise, sebuah holding company yang bergerak
dalam bidang Muslim fashion sejak tahun 1989 dengan kantor pusat di Bandung,
Indonesia.
Zoya adalah nama feminin yang dipakai
di Rusia dan Ukraina, diambil dari bahasa Yunani kuno yang berarti “kehidupan”.
Dalam bahasa India memiliki arti “bersinar”, sedangkan dalam bahasa Arab
diartikan dengan “peduli” dan “menyenangkan”. Warna hijau pada logo Zoya
melambangkan kehidupan, kesegaran, ketenangan, dan pertumbuhan. Warna coklat
berarti daya tahan dan kenyamanan yang melambangkan bumi dan tanah.
Brand Philosophy Zoya adalah “light and
color”. Zoya menampilkan koleksi yang berkarakter ringan, easy to wear, easy to
match, serta lengkap dalam desain dan warna.
Dalam rangka ekspansi bisnisnya, Zoya
juga mengembangkan sayap dengan menciptakan lini bisnis yaitu Zoya Cosmetics,
Zoya Jeans, dan Zoya Home. Dengan demikian, Zoya kian mampu memenuhi kebutuhan
customer dalam bidang fashion muslim.
Brand Profile
Zoya melengkapi muslimah Indonesia
dengan berbagai jenis busana yang selalu mengikuti tren dunia. Tak hanya
bergaya modis, customer dapat memiliki produk Zoya yang berkualitas dengan
harga yang terjangkau. Dengan mengutamakan desain gaya yang ringan dan penuh
warna, Zoya dapat mempertegas kecantikan penggunanya yang ditargetkan kepada
wanita berusia 18 tahun ke atas.
- Vision
Menjadi referensi utama bagi para
muslimah dalam berbusana hijab yang fashionable.
- Mission
Menciptakan inovasi-inovasi style
busana muslim terbaru
Memberikan inspirasi kepada para
muslimah untuk selalu berhijab stylish
Menyediakan solusi bagi kecantikan
paras wanita muslimah
- Tagline
Tagline yang diangkat Zoya adalah
“Lebih Pas Untuk Cantikmu” karena Zoya sangat memahami karakter kecantikan yang
berbeda bagi tiap wanita dan mampu memberikan solusi terbaik untuk tiap
karakter garis wajah dan tubuh.
Product Profile
Zoya Fashion
Zoya Fashion menghadirkan kerudung
sebagai produk unggulannya. Namun, tidak hanya itu, Zoya Fashion juga
menyediakan busana, aksesoris, hingga perlengkapan ibadah bagi para customer.
Tersedia dalam beragam warna dan model yang anggun dan menarik, produk-produk
Zoya Fashion merupakan pilihan yang tepat untuk menemani customer dalam
berbagai situasi.
Zoya Home
Zoya Home merupakan rujukan fashion
yang dapat digunakan oleh customer dalam berkegiatan sehari-hari, baik di dalam
maupun di sekitar rumah, agar tetap nyaman dan stylish. Produk-produk Zoya Home
terbuat dari bahan yang lembut dan adem, disertai desain yang menarik dengan
model yang simpel dan casual, sehingga membuat aktivitas sehari-hari customer
di rumah menjadi menyenangkan.
Zoya Jeans
Produk-produk Zoya Jeans diciptakan
untuk customer yang menyukai busana-busana bernuansa jeans, yang bergaya santai
dan casual namun tetap cantik. Ragam koleksi Zoya Jeans tersedia mulai dari koleksi
tops yang terdiri dari shirt, tunik, dress, dan outerwear, hingga koleksi
bottom seperti beragam style celana dan rok panjang.
Zoya Cosmetics
Zoya Cosmetics hadir untuk melengkapi
kebutuhan customer terhadap produk-produk kecantikan, mulai dari perlengkapan
make-up seperti lipstik, lip balm, bedak, BB cream, eye brow, eye shadow, blush
on, maskara, dan make up removal; hingga perawatan wajah dan tubuh seperti
masker, facial wash, dan body mist. Kehadiran Zoya Cosmetics ini dapat menjadi
referensi para muslimah untuk menunjang kecantikan wajah sehari-hari.
Costumer Profile
Demographic
Jenis
kelamin
: Pria dan wanita
Usia
: 18 tahun ke atas
Kelas
sosial
: menengah
Tingkat
pendidikan : menengah.
Psychographic
–
Bergaya hidup modern
–
Mengikuti tren fashion terkini
–
Senang bersosialisasi
Geographic
Customer yang berdomisili di berbagai
kota besar di Indonesia.
Brand Ambassadors
Eriska Rein, Soraya Larasati, Lula Kamal,
dan Indah Nevertari (Juara Raising Star Indonesia 2014) merupakan nama-nama
yang terpilih sebagai brand ambassador bagi produk Zoya. Para brand
ambassador tersebut dianggap merepresentasikan kecantikan wanita muslimah
Indonesia.
Sponsored Programs
Zoya telah dipercaya sebagai penunjang
busana dan make-up oleh sejumlah program televisi dan film seperti Mak Ijah
Ingin Ke Mekah, Eat Bulaga Indonesia, The Comment, Assalamualaikum
Beijing, Hijrah Cinta, dan Kukejar Cinta ke Negeri Cina.
Melalui tata kelola manajemen yang
profesional dan desain fashion muslim yang simple and stylish serta
bercita rasa global, Zoya sebagai brand fashion muslim besar di Indonesia kini
semakin memamtapkan langkah untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat fashion
muslim dunia.
Perkembangan bisnis yang kian
kompetitif membuat Zoya terus melakukan inovasi dalam produk dan pelayanan
dengan mengutamakan kualitas brand image dan kepuasan pelanggan, menghadirkan
pelayanan paripurna bagi pelanggan melalui kenyamanan showroom, pelayanan personal,
hingga layanan pengiriman produk melalui website.
BANDARLAMPUNG – PT Shafira
Corporation –pengelola Zoya dan Shafira– kini hadir di Lampung sebagai cabang
ke-28 di seluruh Indonesia. Selain pakaian dan kerudung muslimah, On Store Zoya
yang berada di Jl. Teuku Umar No. 24A, Kedaton, Bandarlampung, ini juga
menawarkan berbagai aksesori pendukung untuk menjadikan wanita Indonesia lebih
cantik.
Penanggung Jawab
Zoya Bandarlampung M.M. Ardi A.P. mengatakan, selama soft opening Senin (18/3)
hingga grand opening Sabtu (23/3), Zoya akan memberikan diskon 10 persen
untuk semua produk busana Zoya (all item).
Harga yang
ditawarkan sangat terjangkau. Kerudung Bergo dibanderol Rp30 ribu–Rp179 ribu;
kerudung segiempat Rp29 ribu–Rp129 ribu; baju Rp129 ribu–Rp349 ribu; dan dress
Rp249 ribu–Rp400 ribu.
’’Itu belum
termasuk diskon 10 persen,” ujarnya.
Selain itu,
belanja berapa pun di Zoya Bandarlampung akan mendapat kartu member secara
gratis. Kartu member Zoya ini akan memberikan kemudahan kepada penggunanya.
Sebab, kendati tak ada promo, akan tetap mendapatkan diskon 10 persen. Bahkan
ketika pemegang member berulang tahun bisa dapat diskon 20 persen.
Menariknya, Zoya
juga memiliki program edukatif Hijab Clinic Zoya. Yaitu solusi cantik
berkerudung bersama Zoya. ’’Artinya, konsumen akan mengetahui cara ber-style
pada 2013 ala Zoya,” katanya.
Adapun style
Zoya, di antaranya, Threeva Style, Reine Style, Chery Blassom Style, Bergo
Eropa Zoya Style, Estrella Style, dan Princess Style. Gedung tiga lantai ini
diisi dengan Zoya Kosmetik, Zoya Jeans, Zoya Fashion, dan Zoya Music Factory
untuk lantai satu. Lalu, lantai II diisi Zoya Denim dan Zoya Besic. Sedangkan
lantai III untuk gudang. Untuk interior ruangan memiliki standar yang sama dengan
Zoya-Zoya yang sudah berdiri. Namun, bedanya hanya luas ruangannya.
Seperti
diketahui, On Store Zoya tersebar di seluruh Indonesia. Di antaranya Aceh,
Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Serang, Jakarta, Purwakarta, Bandung,
Tasikmalaya, Cirebon, Solo, Kediri, Surabaya, Gresik, Mataram, Kalimantan, dan
Makassar.
’’Masing-masing
kota ada satu hingga 8 store. Seperti di Jakarta ada 5 on store dan Jawa Barat
ada 8 on store,” sebutnya.
Pada 2013,
rencananya Zoya juga menambah 14 on store baru. Seperti di Pekanbaru, Kediri,
dan daerah lainnya.(hyt/p3/c2/wan)
· http://radarlampung.co.id/read/metro-bisnis/57528-selama-soft-opening-zoya-diskon-10-persen (2013-04-06)