saudara



tandar manajemen reservation
 Dalam pelayanan dan menangani reservasi tamu
1.      Melakakukan geeting
2.      Menanyakan tipe dan jumlah kamar yang ingin dipesan
3.      Menanyakan tanggal kedatangan dan keberangkatan tamu
4.      Melakukan pengecekan kamar yang masih kosong
5.      Menjelaskan harga dan fasilitas kamar
6.      Menanyakan identitas tamu
7.      Setelah data diproses maka diulangi kembali pesanan dan identitas tamu
a.         Dalam pembatalan pemesanan kamar
1.      Mengambil data pemesanan yang telah dilakukan
2.      Mengisi formulir pembatalan kamar
3.      Mencoret slip pemesanan kamar
4.      Hapus pada tabel pemesanan kamar sesuai dengan identitas tamu
5.      Simpan kembali pada arsip.
b.        Dalam perubahan pemesanan kamar
1.        Mengambil data pemesanan kamar
2.        Mengisi perubahan pemesanan dalam formulir
3.        Membuat perubahan slip pemesanan
4.        Merubah data reservation
5.        Penyimpanan data arsip

TENTANG UML (USECASE)
Sebuah bahasa yang berdasarkan grafik atau gambar untuk membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan perangkat lunak berbasis objek (OOP).
Fungsi uml : sebagai jembatan dalam mengkomunikasikan beberapa aspek dalam sistem melalui sejumlah elemen grafis yang bisa mengkombinasikan menjadi diagram/gambar.
TENTANG WATERFALL
Metode pengembangan sistem yang melakukan tahapan selanjutnya setelah tahapan selesai dan jika terjadi kegagalan maka akan kembali ke proses sebelumnya.
Untuk pengembangan sistem waterfall ini jika pelanggan sudah puas terhadap program maka pekerjaan dan pengembangan selesai tanpa harus mengembangkan sistem selanjutnya.
TENTANG ERP DAN CRM
CRM adalah suatu jenis strategi perusahaan yang secara khusus membahas hubungan perusahaan dengan pelanggan nya bertujuan meningkatkan nilai perusahaan dimata pelanggannya.
Konsep CRM adalah bergerak dibelakang layar seperti kita memesan kamar pada sebuah hotel melalui vie telpon yang melayani kita adalah resepsionis/admin tetapi sebenernya mereka telah terhubung dengan sistem IT yang mengelola sistem pemesanan.
Tujuan CRM adalah mempermudah customer mendapatkan kebutuhannya dan mendekatkan perusahaan dengan pelanggannya.


Sedangkan ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoornidasikan semua sumber daya informasi dan aktifitas yang diperluykan untuk proses bisnis.