pengaruh smartphone terhadap konsentrasi belajar

PENGARUH SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Disusun untuk Melengkapi Tugas pkn pak syaffudin sebagai
Syarat Mengikuti pelajarannya


Oleh :

Theo jaka prakoso  12 ips 1




PROGRAM STUDI pkn
TAHUN AJARAN 2015/2016




DAFTAR ISI

  KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
          A. Latar Belakang
          B. Pelaksanaan 
          C. Pembatasan Masalah
          D. Rumusan Masalah
          E. Alasan Pemilihan Judul

BAB II KERANGKA TEORI
A.    Pengertian handphone dari smartphone
B.    Pengertian minat belajar
C.    Dampak positif dan negatif smartphone 
D.    Solusi untuk mengatasi pengaruh negatif dari smartphone terhadap   prestasi belajar 

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi Penelitian

BAB IV HASIL ANALISIS
Hasil Analisis Survey
Minat Masyakat terhadap Smartphone  Masa Kini

BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan

B.    Testimoni
                                          BAB I


PENDAHULUAN

Akhir – akhir ini telepon pintar (smartphone) atau alat komunikasi perkembangannya semakin pesat termasuk di kalangan pelajar. Tak sedikit siswa/I  atau para mahasiswa yang mempunyai smartphone , akhirnya berdampak pada minat belajarnya. Kegiatan belajar sering terganggu karena handphone itu karena para pelajar menggunakan smartphone pada saat belajar atau pada saat KBM.

A.            LATAR BELAKANG MASALAH
 Di era globalisasi ini remaja hidup dengan seiring perkembangan IPTEK yang memunculkan perangkat mutakhir yang kemampuan perangkat tersebut sangat jauh melaju cepat dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Peralatan itu adalah handphone. Istilah handphone ini ada yang menyebutnya HP. Perkembangan teknologi semakin memasyarakat dikalangan anak didik. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi orang tua, karena punya anak yang tidak ketinggalan zaman. Orang tua menyadari akan pentingnya HP bagi anaknya dengan berbagai alasan. Sehingga HP, dewasa ini bukan barang mewah lagi atau bukan kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer. Pergeseran nilai terhadap HP merupakan masalah baru bagi pelajaran ekonomi, “kalau demikian pengetahuan tentang kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder dalam bidang ekonomi perlu disesuaikan”. Keberhasilan HP menggerogoti pikiran orang, tak disadari imperialisme budaya pun merajalela. kini HP adalah sakunya anak didik. HP juga mempengaruhi etika tingkah laku penggunanya. Dan HP dapat menjauhkan individu dari lingkungan masyarakat.
Permasalahan timbul sebenarnya bukan dari perangkat tersebut di zaman sekarang ini, akan tetapi kalangan pengguna perangkat tersebut yang menyalahgunakannya. Sekarang ini banyak anak-anak di bawah umur yang sudah menggunakan handphone dengan berisikan aplikasi atau software yang beberapa isinya sebenarnya tidak layak dioperasikan oleh banyak anak.Handphone menjadi karya baru yang begitu cepat perkembangannya, menjadi media komunikasi yang canggih dan tiada batasan. Selain dampak positif, ternyata juga menimbulkan dampak negatif yang tidak kalah besarnya dari dampak positifnya.
Pengawalan di dunia maya internet sangat longgar dan hampir tidak ada aturan yang mengikatnya. Perkembangan besar ini tidak direncanakan, jadi belum pernah ada seorangpun yang benar-benar berwenang atas world wide web. Sampai sekarangpun belum ada. Beberapa bagian web diorganisasikan sebagai contoh, alokasi nama ranah (domain/alamat web). Tetapi tak seorangpun yang menelusuri apa yang dimasukkan ke dalam web tersebut dan tidak ada aturan yang diterima secara internasional. Banyak orang merasa ini bagus, yang lainnya berpikir kita tetap membutuhkan kendali.
Seiring berkembangnya Smartphone, ternyata situasi psikologi anak juga mengalami reaksi yang beraneka macam. Ada dari mereka yang menggunakan smartphone untuk menambah nilai pelajaran sekolah, juga ada yang justru membuat siswa malas dan sering membuang waktu di depan smartphone. Banyak juga yang menyalahgunakannya untuk bertindak dan bertingkah laku menyeleweng dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. Lebih parah lagi ternyata budaya anak-anak juga semakin cepat pertumbuhannya, dengan ada aplikasi-aplikasi yang seharusnya hanya boleh dilihat oleh orang dewasa.

Kehadiran telepon pintar atau Smartphone telah merubah kehidupan manusia. Jarak selama ini dituding menjadi biang keladi kesulitan itu, tidak kuasa lagi menghalangi. Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa dirinya sangat tergantung pada Smartphone. Menurutnya, kehadiran ponsel sangat membantu kemudahan hidup, komunikasi. Tujuan kemudahan hidup itu pula yang memaksa dirinya memutuskan menggunakan ponsel beberapa tahun silam. Alasannya biar bisa berkomunikasi dengan mudah.
Tak bisa dipungkiri lagi, bagi mereka para pelajar di seluruh penjuru di dunia modern menuntut segala sesuatunya serba cepat dan mudah.  Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, Smartphone bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan Smartpone. Anak-anak ini sebagai pelajar di sekolah atau kampusnya, memiliki kewajiban untuk belajar.  Namun smartphone yang mendunia itu ternyata menimbulkan masalah dan efek yang bermacam-macam. Oleh karena itu saya tertarik untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar ini.



C.     PEMBATASAN MASALAH
            Berdasarkan ruang lingkup diatas, maka penulis membatasi penelitian ini. Antara lain sebagai berikut.
1.    Pengertian handphone.
a.    Perkembangan handphone masa kini.
b.    Minat remaja terhadap handphone masa kini.
2.    Dampak positif handphone terhadap prestasi belajar .
3.    Dampak negatif handphone terhadap prestasi belajar.
4.    Solusi untuk mengatasi pengaruh negatif darihandphone terhadap prestasi belajar
5.    Pembahasan hasil angket tentang “Pengaruh handphone terhadap Prestasi Belajar”.

D.  RUMUSAN MASALAH
1.      Berdasarkan  pembatasan  masalah di atas dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut:
2.      Bagaimana dampak positif Smartphone terhadap prestasi belajar ?
3.      2. Bagaimana dampak negatif Smartphone terhadap prestasi   belajar ?
4.      Bagaimana pengaruh negatif Smartphone  terhadap prestasi belajar?
5.      Bagaimana hasil angket tentang “Pengaruh Smartphone terhadap Prestasi Belajar”?

      E.     ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Alasan pemilihan judul ini yaitu karena memiliki daya tarik tersendiri untuk menjadi bahan penelitian, diantaranya :
1.    Hampir setiap orang memiliki handphone dan tidak sedikit yang memilih menggunakan smartphone.
2.    Karena adanya objek yang mendukung untuk penelitian.
3.    Karena adanya media yang memadai.