cara membuat karya tulis smartphone canggih



BAB II
KERANGKA TEORI


A.     PENGERTIAN HANDPHONE DAN SMARTPHONE
merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless): (Wikipedia.org).
Smartphone atau telepon cerdas adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi.
B.     PENGERTIAN MINAT BELAJAR
Slameto (1991: 57) Pengertian minat secara istilah telah banyak dikemukakan oleh para ahli, di antaranya yang dikemukakan oleh Hilgard menyatakan” Interest is persisting tendency topay attention to end enjoy some activity and content”, yang memiliki arti, minat adalah kecenderungan yang gigih untuk memperhatikan, mengakhiri, menikmati, beberapa inti kegiatan tersebut.
Sardiman A. M. (1988: 76) berpendapat bahwa minat adalah sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah suatu keinginan seseorang yang kuat untuk melakukan perubahan tingkah laku guna memperoleh ilmu pengetahuan.
       C.     DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SMARTPHONE
1.    Kemajuan teknologi ponsel yang sangat pesat menimbulkan dampak positif dan negative bagi para penggunanya, khususnya para remaja.
2.    Pengaruh positif bagi pengguna Smartphone
3.    Smartphone memiliki mobilitas yang tinggi. Pemilik smartphone dapat berkirim E-mail tanpaharus mengunjungi warnet terdekat..
4.    Pemilik smartphone dapat mengetahui berita-berita serta informasi penting yang terdapat dibelahan dunia manapun.
5.    Dengan adanya smartphone, pemakai tidak perlu repot-repot untuk melihat peta, karenasmartphone dapat digunakan sebagai alat navigator.
6.    Dapat berkomunikasi secara mendunia atau lebih luas
Pengaruh Negatif bagi pengguna Smartphone
1.    Smartphone dapat menyebabkan sang pemakai menjadi ANTI SOSIAL, karena pemakai sudahbisa chatting tanpa harus menemui orang secara langsung.
2.    Tidak jarang smartphone menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.
3.    Smartphone dapat menimbulkan sindrom (gila), karena sering tertawa tanpa ada sebab yang jelas.
4.    Dapat memecah konsentrasi saat belajar atau melakukan aktifitas.
5.    Semakin sering kita menggunakan smartphone, maka semakin sering kita menghambur-hamburkan uang. Baik uang kita sendiri maupun uang orang tua kita.
6.    Smartphone dapat membuang waktu sang pengguna dengan fitur Messenger.
7.    Pelajar bisa lupa waktu karena terlalu sering memainkan smartphone.

            Namun, tahukah anda bahwa ponsel mempunyai dampak buruk. Agar dapat terhindar dari dampak buruk ponsel, saya akan memberikan tips sederhana agar terhindar dari dampak buruk ponsel. Berikut beberapa tips nya:

a.    Aturlah jadwal kapan kamu bisa menggunakan ponsel dan biasakanlah untuk  mematuhinya. Misalnya sepulang sekolah.
b.    Tetapkan jatah pulsa untuk beberapa hari, beberapa minggu, atau untuk sebulan. Misalnya, 10 ribu seminggu atau 100 ribu untuk sebulan. Dan biasakan mematuhinya.
c.    Belajarlah menjadi pendengar yang baik dan fokus pada asa yang sedang kamu hadapi saat itu, entah pelajaran, orang lain.
d.    Seringlah berkumpul bersama teman, sahabat sehingga tidak perlu kamu setiap hari berbicara lewat ponsel dengan teman atau sahabat mu.
e.    Ikutilah aktivitas di sekolah untuk menyalurkan hobi.
f.     Matikan ponsel di malam hari.
      4)  Mengawasi SMS yang keluar maupun masuk ke handphone anak. Cara ini masih jarang digunakan oleh orang tua. Karena mungkin caranya yang sedikit rumit. Serta dalam pelaksanaannya ada tambahan biaya karenapengiriman  SMS akan berlipat. SMS yang masuk ke nomor handphone anak akan juga masuk ke nomorhandphone orang tua. Begitu pula dengan pesan keluar atau dikirim oleh sang anak kepada orang lain juga akan terkirim ke nomor orang tua.
Untuk dapat mengurus sistem seperti ini orang tua harus mengkonfir-masike kantor Telkom terdekat. Dan aka nada tambahan biaya di setiap bulannya.
             b.    Pengawasan dari guru :
          1)  Guru harus semakin cermat dengan siswa-siswi yang menggunakan handphone di dalam kelas. Biasanya siswa yang menggunakan handphone di dalam kelas pandangannya akan cederung menghadap ke arah bawah. Tangan siswa berada di bwah meja, yang mungkin di kolom meja siswa meletakkan handphone-nya. Dan, dari raut wajahnya terlihat bahwa siswa tidak focus.
           2) Memberkan sanksi tegas kepada siswa yang ketahuan menggunakan handphone di kelas ataupun di area sekolah bukan pada waktunya. Sanksi bisa dalam bentuk teguran tegas, pemberian point pelanggaran, atau bahkan menyita handphone siswa. Agar siswa jera untuk mengulanginya lagi.