BAB II
KERANGKA TEORI
merupakan perangkat
telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon
konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile)
dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel
(nirkabel; wireless): (Wikipedia.org).
Smartphone atau
telepon cerdas adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi,
kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik
yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar
merupakan telepon yang bekerja Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam
atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel menggunakan seluruh perangkat lunak
sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang
aplikasi.
B. PENGERTIAN MINAT BELAJAR
Slameto (1991: 57)
Pengertian minat secara istilah telah banyak dikemukakan oleh para ahli, di
antaranya yang dikemukakan oleh Hilgard menyatakan” Interest is persisting tendency topay attention to end enjoy some
activity and content”, yang memiliki arti, minat adalah kecenderungan
yang gigih untuk memperhatikan, mengakhiri, menikmati, beberapa inti kegiatan
tersebut.
Sardiman A. M. (1988:
76) berpendapat bahwa minat adalah sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila
seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan
keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri.
Berdasarkan beberapa
pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah suatu keinginan
seseorang yang kuat untuk melakukan perubahan tingkah laku guna memperoleh ilmu
pengetahuan.
C. DAMPAK
POSITIF DAN NEGATIF SMARTPHONE
1.
Kemajuan teknologi
ponsel yang sangat pesat menimbulkan dampak positif dan negative bagi para
penggunanya, khususnya para remaja.
2.
Pengaruh positif bagi
pengguna Smartphone
3.
Smartphone memiliki mobilitas yang
tinggi. Pemilik smartphone dapat berkirim E-mail tanpaharus mengunjungi warnet
terdekat..
4.
Pemilik smartphone
dapat mengetahui berita-berita serta informasi penting yang terdapat dibelahan
dunia manapun.
5.
Dengan adanya
smartphone, pemakai tidak perlu repot-repot untuk melihat peta,
karenasmartphone dapat digunakan sebagai alat navigator.
6.
Dapat berkomunikasi
secara mendunia atau lebih luas
Pengaruh
Negatif bagi pengguna Smartphone
1.
Smartphone
dapat menyebabkan sang pemakai menjadi ANTI SOSIAL, karena pemakai sudahbisa
chatting tanpa harus menemui orang secara langsung.
2.
Tidak
jarang smartphone menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.
3.
Smartphone
dapat menimbulkan sindrom (gila), karena sering tertawa tanpa ada sebab
yang jelas.
4.
Dapat
memecah konsentrasi saat belajar atau melakukan aktifitas.
5.
Semakin
sering kita menggunakan smartphone, maka semakin sering kita
menghambur-hamburkan uang. Baik uang kita sendiri maupun uang orang tua kita.
6.
Smartphone
dapat membuang waktu sang pengguna dengan fitur Messenger.
7.
Pelajar
bisa lupa waktu karena terlalu sering memainkan smartphone.
Namun, tahukah anda
bahwa ponsel mempunyai dampak buruk. Agar dapat terhindar dari dampak buruk
ponsel, saya akan memberikan tips sederhana agar terhindar dari dampak buruk
ponsel. Berikut beberapa tips nya:
a.
Aturlah
jadwal kapan kamu bisa menggunakan ponsel dan biasakanlah
untuk mematuhinya. Misalnya sepulang sekolah.
b.
Tetapkan
jatah pulsa untuk beberapa hari, beberapa minggu, atau untuk sebulan. Misalnya,
10 ribu seminggu atau 100 ribu untuk sebulan. Dan biasakan mematuhinya.
c.
Belajarlah
menjadi pendengar yang baik dan fokus pada asa yang sedang kamu hadapi saat
itu, entah pelajaran, orang lain.
d.
Seringlah
berkumpul bersama teman, sahabat sehingga tidak perlu kamu setiap hari
berbicara lewat ponsel dengan teman atau sahabat mu.
e.
Ikutilah
aktivitas di sekolah untuk menyalurkan hobi.
f.
Matikan
ponsel di malam hari.
4) Mengawasi SMS yang keluar maupun masuk ke handphone anak. Cara ini masih jarang digunakan oleh orang tua.
Karena mungkin caranya yang sedikit rumit. Serta dalam pelaksanaannya ada
tambahan biaya karenapengiriman SMS akan berlipat. SMS yang masuk ke
nomor handphone anak akan juga masuk ke nomorhandphone orang
tua. Begitu pula dengan pesan keluar atau dikirim oleh sang anak kepada orang
lain juga akan terkirim ke nomor orang tua.
Untuk dapat mengurus sistem seperti ini orang tua harus
mengkonfir-masike kantor Telkom terdekat. Dan aka nada tambahan biaya di setiap
bulannya.
b. Pengawasan dari guru :
1) Guru harus semakin cermat dengan siswa-siswi yang
menggunakan handphone di dalam kelas. Biasanya siswa yang
menggunakan handphone di dalam kelas pandangannya akan
cederung menghadap ke arah bawah. Tangan siswa berada di bwah meja, yang
mungkin di kolom meja siswa meletakkan handphone-nya. Dan, dari raut
wajahnya terlihat bahwa siswa tidak focus.
2) Memberkan sanksi tegas kepada siswa yang ketahuan
menggunakan handphone di kelas ataupun di area sekolah bukan
pada waktunya. Sanksi bisa dalam bentuk teguran tegas, pemberian point
pelanggaran, atau bahkan menyita handphone siswa. Agar siswa
jera untuk mengulanginya lagi.