BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Berbicara
tentang sistem pendidikan dengan berbagai lembaga yang menyertainya ibarat
membicarakan gelombang air laut yang tiada hentinya. Asumsi ini tidaklah
berlebihan karena banyak hal yang bisa ditinjau di dalamnya serta banyak pula
persoalan fundamental melingkupinya yang nota bene membutuhkan upaya-upaya
untuk memecahkan permasalahan pendidikan tersebut.
Anak usia
sekolah atau siswa mempunyai peran yang penting dalam pembangunan bangsa dan
negara, karena mereka merupakan generasi penerus yang diharapkan dapat
membangun dan menghasilkan karya-karya yang berguna bagi negara. Di tangan
siswa inilah bagaimana perkembangan suatu negara ditentukan. Anak-anak yang
terdidik, berdisiplin,dan berkualitas secara intelektual, mental dan spiritual
akan mampu berkompeten dalam menjalankan roda kehidupan berbangsa dan
bernegara, sehingga kelangsungan dan martabat bangsa dapat terjamin.
Kedisiplinan
pada anak usia sekolah atau siswa sangat penting diperhatikan, adanya
peraturan-peraturan yang jelas dan terarah sangat mempengaruhi anak pada masa
dewasanya nanti. Kedisiplinan pada siswa harus dilakukan, salah satunya adalah
kedisiplinan harus masuk akal dan adanya konsekuensi jika kedisiplinan
dilanggar.
siswa,
guru piket, guru pelajaran jam pertama, wali kelas, guru BP/BK dan kesiswaan.
Penelitian
ini diharapkan dapat memberikan manfaat terutama bagi siswa bahwa keterlambatan
dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap
prestasi belajar di sekolah. Karena penilaian guru dalam kegiatan belajar
meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.
Berdasarkan
uraian diatas, maka judul dalam penelitian ini adalah “PENGARUH KEBIASAAN TERLAMBAT TERHADAP PRESTASI
BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TANJUNG BINTANG ”.
1.2 Perumusan Masalah
1. Apakah
faktor-faktor penyebab keterlambatan siswa?
2. Apakah
sanksi yang diterima oleh siswa yang sering terlambat?
3. Bagaimana
solusi dalam mengatasi siswa yang terlambat?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk
mengetahui faktor penyebab keterlambatan siswa
2. Untuk
mengetahui sanksi yang diterima oleh siswa yang terlambat
3. Untuk
mengetahui solusi dalam mengatasi siswa yang terlambat
1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1 Bagi
Siswa
a.
Siswa dapat hidup disiplin dengan
mematuhi peraturan yang ditetapkan sekolah, terutama pada saat masuk jam
pelajaran pertama.
b.
Siswa dapat mengatur waktu pada
semua aktivitas yang dihadapinya, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
1.4.2 Bagi
Guru
Guru
dapat melaksanakan kegiatan mengajar pada saat pelajaran pertama tanpa
terganggu adanya permasalahan siswa yang sering datang terlambat.
1.4.3 Bagi
Peneliti
Menambah
pengalaman dan wawasan peneliti dalam melakukan penelitian terutama yang
berhubungan dengan masalah siswa yang datang terlambat ke sekolah.
1.4.4 Bagi
Sekolah
Dapat
menumbuhkan citra sekolah yang tertib dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan
belajar mengajarnya.