Keterlambatan Remaja Sekolah

BAB I

PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang Masalah

Berbicara tentang sistem pendidikan dengan berbagai lembaga yang menyertainya ibarat membicarakan gelombang air laut yang tiada hentinya. Asumsi ini tidaklah berlebihan karena banyak hal yang bisa ditinjau di dalamnya serta banyak pula persoalan fundamental melingkupinya yang nota bene membutuhkan upaya-upaya untuk memecahkan permasalahan pendidikan tersebut.
Anak usia sekolah atau siswa mempunyai peran yang penting dalam pembangunan bangsa dan negara, karena mereka merupakan generasi penerus yang diharapkan dapat membangun dan menghasilkan karya-karya yang berguna bagi negara. Di tangan siswa inilah bagaimana perkembangan suatu negara ditentukan. Anak-anak yang terdidik, berdisiplin,dan berkualitas secara intelektual, mental dan spiritual akan mampu berkompeten dalam menjalankan roda kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga kelangsungan dan martabat bangsa dapat terjamin.

Kedisiplinan pada anak usia sekolah atau siswa sangat penting diperhatikan, adanya peraturan-peraturan yang jelas dan terarah sangat mempengaruhi anak pada masa dewasanya nanti. Kedisiplinan pada siswa harus dilakukan, salah satunya adalah kedisiplinan harus masuk akal dan adanya konsekuensi jika kedisiplinan dilanggar.
siswa, guru piket, guru pelajaran jam pertama, wali kelas, guru BP/BK dan kesiswaan.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat terutama bagi siswa bahwa keterlambatan dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa yang pada akhirnya berpengaruh terhadap prestasi belajar di sekolah. Karena penilaian guru dalam kegiatan belajar meliputi penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.
Berdasarkan uraian diatas, maka judul dalam penelitian ini adalah “PENGARUH KEBIASAAN TERLAMBAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 TANJUNG BINTANG ”.

1.2  Perumusan Masalah

1.      Apakah faktor-faktor penyebab keterlambatan siswa?
2.      Apakah sanksi yang diterima oleh siswa yang sering terlambat?
3.      Bagaimana solusi dalam mengatasi siswa yang terlambat?

1.3  Tujuan Penelitian

1.      Untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan siswa
2.      Untuk mengetahui sanksi yang diterima oleh siswa yang terlambat
3.      Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi siswa yang terlambat

1.4  Manfaat Penelitian

1.4.1    Bagi Siswa

a.              Siswa dapat hidup disiplin dengan mematuhi peraturan yang ditetapkan sekolah, terutama pada saat masuk jam pelajaran pertama.
b.             Siswa dapat mengatur waktu pada semua aktivitas yang dihadapinya, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

1.4.2    Bagi Guru

Guru dapat melaksanakan kegiatan mengajar pada saat pelajaran pertama tanpa terganggu adanya permasalahan siswa yang sering datang terlambat.

1.4.3    Bagi Peneliti

Menambah pengalaman dan wawasan peneliti dalam melakukan penelitian terutama yang berhubungan dengan masalah siswa yang datang terlambat ke sekolah.

1.4.4    Bagi Sekolah

Dapat menumbuhkan citra sekolah yang tertib dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya.